Bagaimana melatih anak untuk berpuasa

ditulis oleh : Sri Paryati Tuesday, 1 July 2014 5 comments
anak mama
Bermain dan Belajar  
Puasa pertama bisa dijalani Qiral dengan berpuasa setengah hari. Namanya juga baru pertama kali berpuasa.  Mama tidak memaksa untuk buka jam berapa tentunya. Sekuatnya Qiral saja. Tapi alhamdulillah kuat juga sampai dzuhur. Begitu dengan adzan dzuhur sebenarnya qiral belum minta makan, tapi mama kasihan melihatnya. Mama bikinin nasi goreng kesukaan dia. 

Nasi goreng margarin sama kecap sama telur.  Sepiring penuh dimakan dengan lahapnya. Hem....lapar juga ternyata. Setelah itu mama pengen  bikinin susu, tapi qiral minta air putih saja. Ya sudahlah....minum air putih saja.  Selesai buka dzuhur, mama berpesan kepada qiral lagi untuk melanjutkan kembali puasanya.  Tidak boleh makan, tidak boleh minum, tidak boleh jajan, sampai nanti adzan maghrib

Baru jam 5 sore qiral sudah merasa kehausan, mama berusaha mengalihkan perhatian nya dengan memberikannya game.  Agar rasa hausnya bisa ditahan kira-kira satu jam lagi.  Sebenarnya jika qiral tidak bisa menahan hausnya sampai maghrib pun, mama akan memberinya minum. Tapi syukur alhamdulillah akhirnya sampai maghrib Qiral kuat juga menahannya.  Betapa senangnya hati mama, mama sangat bangga karena anak mama yang baru berumur 4 tahun sudah mulai belajar berpuasa.

Di bawah ini saya akan mencoba share kepada mama-mama semuanya bagaimana melatih anak untuk berpuasa, menurut pengalaman saya tentunya, :
1. Jika kita ingin berusaha melatih anak untuk belajar berpuasa, tentu saja harus dimulai dulu dari orang tuanya. Mama dan papa harus berpuasa juga. Jangan sampai kita menyuruh anak untuk berpuasa tapi kitanya sendiri ( orangtua ) tdk melakukannya ( tidak berpuasa ).
2. Beri pengertian terlebih dahulu kepada buah hati anda. Apa itu puasa. Jelaskan dengan kata yang sederhana, yang mudah mereka mengerti. Puasa adalah menahan untuk tidak makan, tidak minum, dan tidak jajan. Penjelasan seperti itu sudah cukup bagi putra putri mama yang masih dibawah umur.
3. Jika dia sudah mengerti apa itu puasa, maka libatkanlah mereka pada saat makan sahur. Pertama pasti mereka akan heran dan bingung. 'Mama....malam malam kok makan? '. Beri penjelasan kalau inilah yang dinamakan sahur.
4. Selesai makan sahur ajaklah anak ngobrol tentang nanti beberapa jam kedepannya. Boleh makan dan minum lagi kalau nanti ada adzan dzuhur. Tapi jangan pernah memaksa kalau anak hanya kuat menahan lapar dan haus hanya sampai jam 10 misalnya.
5. Selesai sahur dan sholat shubuh, biarkan anak kembali melanjutkan tidurnya. Ini akan sedikit mengurangi rasa laparnya karena waktu dihabiskan untuk tidur.
6. Jika sewaktu waktu anak bangun tidur, beri kesibukan yang menyita waktunya. Mewarnai, bermain mainan kesukaannya, game, atau yang lainnya yang mereka sukai.
7. Minimalkan anak untuk bermain di luar. Karena jika anak main diluar maka yang ada mereka akan kehausan karena berlari-lari kesana kemari.
8. Amankan dispenser dari gelas yang  biasanya tersedia di dekatnya. Bisanya kapan saja si anak akan minum dengan mengambilnya sendiri, karena sudah disediakan gelas plastik di dekat dispenser. Jika tidak disediakan gelas, maka anak juga bisa berfikir kalau memang berpuasa tidak boleh makan dan ,minum. Makanya mama menyimpan gelasnya.
9. Beri pujian kepada buah hati mama kalau bisa melaksanakan puasa sampai buka dzuhur dan kembali melanjutkan sampai maghrib,
10. Beri sedikit waktu kepada anak untuk bermain diluar sampai nanti kira kira mau berangkat sholat taraweh. Biar anak juga merasa kalau dia tidak dikekang terus dirumah.
Nah, mungkin diatas adalah sedikit pengalaman saya yang mencoba melatih putra saya yang berumur 4 tahun untuk berpuasa. Selamat mencoba ya mah....
SEO Reports for blogmamaqiral.blogspot.co.id

Kumpulan ArtikelWarningWarningkumpulan artikel merupakan artikel terkait lainnya yang ada hubungannya dengan Label dari artikel tertentu

Aneka Tips


Judul: Bagaimana melatih anak untuk berpuasa
Ditulis oleh Sri Paryati
Rating Blog 5 dari 5
DENGAN ADANYA ARTIKEL DIATAS SEMOGA BISA MEMBERI SEBUAH GAMBARAN ATAU PEMIKIRAN YANG LAIN, APABILA ANDA MENYUKAI MOHON UNTUK DICANTUMKAN LINK Dibawah ini

SUMBERNYA:
http://blogmamaqiral.blogspot.com/2014/07/bagaimana-melatih-anak-untuk-berpuasa.html
"Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini"

Peringatan KhususWarningWarning("Mohon maaf desain web/blog bukan untuk seluler atau mobile").

5 comments:

Uda Awak said...

Poin 1 adalah kunci utama untuk melatih anak berpuasa. So, nice share mbak...

Sri Paryati said...

@Uda Awak terima kasih pak guru

Makhluk Surga said...

Ya...mudah2an anak jadi gemar berpuasa nantinya...

Bagus Seno said...

Bagus banget tulisannya, kebetulan saya punya adik, dia ga mau batalin puasa, tapi begtu sudah batal, dia menyesal ( sambil nangis ) kira2 gmn ya tuh ? makasih sebelumnya :)

Tiyang Magelang said...

Saya lupa dulu belajarnya bagaimana dan sejak umur berapa,kwajiban beribadah memang harus dilatih sejak dini

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar dengan sopan di blog saya Bimbingan Belajar Anak | Bagaimana melatih anak untuk berpuasa | ,semoga dengan budaya berkomentar akan lebih membangun perkembangan dari blog saya Bimbingan Belajar Anak dan apabila ada artikel yang salah ataupun kurang kedepannya akan diperbaiki lagi, ataupun bisa anda tambahkan melalui komentar dibawah ini .


photo of Sri
Sri Paryati @mbak siphe | Google
Bimbingan Belajar Anak
| Contact Email | Disclaimer | TOS/T$C | Prifacy Policy | Copyright of 2016 | Bimbingan Belajar Anak | My Ping in TotalPing.com |