Cara menggulung dinamo tamiya atau Rewind Dinamo Tamiya bagi pemula atau yang ingin belajar secara singkat

ditulis oleh : Sri Paryati Thursday, 28 August 2014 0 comments
Cara Rewind Dinamo  
Kenapa mobil Tamiya saya tidak bisa kencang atau ngebut? sudah membeli angkur baru tapi masih bingung cara menggulung atau rewinding dinamo tamiya, coba menggulung dinamo sendiri dan hasilnya malah membuat batrei menjadi panas lalu apa penyebabnya, langsung dijawab saja ya.... 

Batrei menjadi panas karena kawat lilitan yang terpasang pada angkur mengalami hubung singkat atau konsleting terhadap current angkur, mungkin saat rewinding kawat lilitan tidak sengaja menggores sisi tajam inti besi dari angkur atau sisi tajam dari kepala angkur atau lamel, jadi saat rewind dinamo tamiya berhati-hatilah karena bukan kualitas akhir yang memuaskan tapi rasa capek dan emosi karena harus mengulang lagi dari awal akibat konsleting yang dialami. 

Dinamo tamiya konsleting efek yang didapat adalah putaran rpm dinamo menjadi sangat pelan bahkan terkadang tidak bisa berputar dan tenaga batrei langsung terkuras habis akibat hubung singkat, batrei menjadi sangat panas jika dipegang menggunakan tangan.  Sekedar sharing tips ringan bagaimana cara menggulung dinamo tamiya atau Rewind Dinamo Tamiya bagi pemula atau yang ingin belajar secara singkat
tamiya jenis sloop

Langkah-langkah menggulung dinamo tamiya:

-Pertama-tama siapkan angkur yang ingin di rewind, sesuaikan dengan selera anda karena banyak pilihan panjang dari angkur tersebut misalnya angkur dengan panjang 8mm, 10mm, 12mm atau yang lainnya karena panjang angkur bisa dibuat sendiri dengan menambah atau mengurangi current dari angkur tersebut saran saja jangan terlalu panjang karena malah tidak muat saat dimasukkan ke dalam tabung.

-Setelah mendapat angkur yang diinginkan coba lepas kepala angkur atau lapisi kepala angkur dengan menggunakan kertas nashua biasanya bisa dibeli di toko-toko buku atau peralatan tulis, jangan lupa ke tiga sisi tajam dari angkur atau current juga dilapisi dengan kertas nashua tersebut, ini untuk menjaga tergoresnya kawat lilitan ketika malakukan rewind dinamo tamiya.

-Pilihlah kawat lilitan yang diameternya kecil saja misal 0.45mm atau 0.5mm karena sebagai pemula sangat cocok belajar rewind dinamo tamiya dengan diameter kawat tersebut, berbeda dengan yang sudah terbiasa menggulung dinamo tamiya bisa menggunakan kawat yang diameternya lebih besar misal 0.65mm, 0.7mm, 0.8mm, 0.9mm sampai 1mm.  Untuk kawat diameter kecil penggunaan magnet juga mempengaruhi gunakan megnet yang tipis jika menggunakan diameter kawat kecil jika menggunakan kawat yang berdiameter besar maka magnet juga mengikuti gunakan magnet yang tebal agar torsi yang diinginkan bisa terpenuhi dan dinamo tamiya tidak cepat panas.

-Kupas ujung kawat lilitan dengan menggunakan currter agar lapisan email dari kawat bisa terkelupas sempurna fungsinya untuk mempermudah saat menghubungkan ujung kawat lilitan dengan lamel dengan cara di solder.

-Gulung kawat lilitan ke angkur searah jarum jam selesaikan 1 lubang angkur terlebih dahulu kemudian diterus kan ke lubang angkur berikutnya sampai selesai dimana dalam 1 angkur ada 3 buah lubang yang harus direwind dengan kawat lilitan.

-Setelah ke3 lubang angkur terisi sempurna selanjutnya hubungkan kawat lilitan menuju kepala angkur atau lamel dengan cara disolder biar terhubung sempurnya, sebelum melakukan pensolderan lapisi sebagian kepala angkur dengan kertas nashua agar saat pensolderan timah tidak menutupi semua kepala angkur akibat meleleh.

- Langkah terakhir coba gunakan alat ukur misal multitester untuk mengetahui terjadinya konsleting antar kutub dari lamel tersebut terhadap current atau inti besi, pastikan multitester tidak ada perubahan saat mengukur kepala angkur terhadap current, lalu apabila terjadi hubung singkat bagaimana, dengan terpaksa melakukan rewind ulang, dari berbagai pengalaman setelah melapisi semua current dengan kertas nashua seperti langkah pertama kasus konsleting bisa teratasi, berbeda jika dari awal merewind tidak melapisi setiap sisi tajam angkur yang ada bisa berulang-ulang melakukan rewindnya.

-Setelah proses rewind dinamo tamiya selesai sampai langkah pengukuran kemudian bisa dicoba dengan memasukkan angkur kedalam tabung dinamo tamiya dan coba arah putaran sudah benar atau belum, apabila tamiya berjalan mundur bisa diatasi dengan membalik posisi brush atau lenanya.

magnet strong bisa mengangkat tang kombinasi

Untuk mengetahui berapa kecepatan rpm dinamo tamiya bisa diukur dengan menggunakan speed cheker merk tamiya, untuk batas maksimal dari speed cheker kurang lebih 99km.  Dan untuk harga dari speed cheker kurang lebih berfariasi ada yang 150 rb sampai 180rb.

semoga bisa membantu salam go...go...go.....
SEO Reports for blogmamaqiral.blogspot.co.id

Kumpulan ArtikelWarningWarningkumpulan artikel merupakan artikel terkait lainnya yang ada hubungannya dengan Label dari artikel tertentu

Hobi


Judul: Cara menggulung dinamo tamiya atau Rewind Dinamo Tamiya bagi pemula atau yang ingin belajar secara singkat
Ditulis oleh Sri Paryati
Rating Blog 5 dari 5
DENGAN ADANYA ARTIKEL DIATAS SEMOGA BISA MEMBERI SEBUAH GAMBARAN ATAU PEMIKIRAN YANG LAIN, APABILA ANDA MENYUKAI MOHON UNTUK DICANTUMKAN LINK Dibawah ini

SUMBERNYA:
http://blogmamaqiral.blogspot.com/2014/08/cara-menggulung-dinamo-tamiya-atau.html
"Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini"

Peringatan KhususWarningWarning("Mohon maaf desain web/blog bukan untuk seluler atau mobile").

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar dengan sopan di blog saya Bimbingan Belajar Anak | Cara menggulung dinamo tamiya atau Rewind Dinamo Tamiya bagi pemula atau yang ingin belajar secara singkat | ,semoga dengan budaya berkomentar akan lebih membangun perkembangan dari blog saya Bimbingan Belajar Anak dan apabila ada artikel yang salah ataupun kurang kedepannya akan diperbaiki lagi, ataupun bisa anda tambahkan melalui komentar dibawah ini .


photo of Sri
Sri Paryati @mbak siphe | Google
Bimbingan Belajar Anak

Arsip blog

  • Artikel Blog Ini di RSS feed | With feeds feedburner Blog In here !!!
  • Pengikut / Ikuti perkembangan Blog | Follower and Sign in with Google friends
  • Kumpulan Artikel Berita Indonesia | Collection of Indonesian News Articles
  • Buku tamu dan kunjungan blog | Visit and Blogwalking in here
  • Perkembangan Anak Usia Dini | Early childhood development
  • | Contact Email | Disclaimer | TOS/T$C | Prifacy Policy | Copyright of 2016 | Bimbingan Belajar Anak | My Ping in TotalPing.com |