Permainan ini sangat mengasyikkan tapi harus dengan pengawasan

ditulis oleh : Sri Paryati Tuesday, 27 May 2014 7 comments
aktifitas anak
Tidak hanya hujan dan panas. Layangan pun ada musimnya. Saat ini bener-bener lagi musim layangan. Anak-anak kecil mondar mandir pada nenteng layangan. Tidak puas dengan layangan ( dalam bahasa indonesia Layangan dikenal dengan nama Layang-layang )yang dibeli di warung dengan harga Rp. 1000,00 mereka pun rela untuk membuatnya sendiri. Bingung mencari bambu kesana kemari, yang akhirnya harus beli patungan di toko bambu. Kalau di kampung mungkin tidak perlu untuk membelinya, berhubung ini di Jakarta yah....tentu saja sudah tidak ada tanah kosong yang ditanami pohon bambu.

Beraneka ragam layangan yang mereka buat. Tergantung selera dari masing-masing anak. Mereka secara berkelompok dan bekerjasama membuat layangan secara bergantian. Jadi jika satu layangan untuk salah satu dari mereka sudah jadi, maka mereka akan membuat lagi untuk teman yang lain.  Begitu seterusnya sampai masing masing anak dari satu tim tersebut menerima satu. Momentum inilah yang bisa dijadikan tauladan ataupun dijadikan gambaran pendidikan kepada anak.

Bahwasanya setiap pekerjaan yang dikerjakan bersama sama akan terasa lebih ringan dan cepat, dengan kata lain hidup akan selalu membutuhkan pertolongan dari orang lain.  Selesai membuat layangan, mereka semua menuju ke lapangan untuk memainkannya. Benang yang dipakainya juga bukan sembarang benang layangan yang biasa dipakai.  Diperlukan benang yang lebih besar/tebal karena ukuran layangannya pun juga besar.  Biasanya sih, layangan yang bermotif seperti ini bukan layangan aduan.
kretifitas anak

Maksudnya adalah biasanya anak menerbangkan layangan untuk diadu dengan layangan yang lain.  Layangan siapa yang berhasil tetap terbang diatas itulah yang dianggap menang. Sedangkan layangan yang bermotif seperti ini biasanya hanya digunakan untuk kepuasan si pemilik saja. Jadi semakin bagus layangan yang dihasilkan, maka semakin bangga juga si pemilik. Apalagi layangan tersebut besar dan diberi rumbai-rumbai serta suara yang mendengung, sebisa mungkin untuk diterbagkan keatas. Sungguh kepuasan tersendiri bagi mereka.  Peringatan lebih bagi orangtua harus tetap waspada jika buah hatinya sudah mulai menyukai permainan ini.

bermain layang-layang
Demi layangan mereka akan rela untuk mengejarnya.  Pada saat ada layangan yang diadu, dan salah satu dari layangan tersebut putus maka banyak anak yang berlomba lomba untuk mendapatkannya. Kejadian ini yang sering mengakibatkan anak mejadi celaka. Jika layangan yang terbang tersebut terbang menuju jalan raya dan anak tetap mengejarnya, sudah barang tentu anak tidak akan memperhatikan keadaan di sekitarnya. Yang mereka perhatikan hanyalah target mereka yaitu layangan putus.

Alhasil merekapun tidak memperhatikan banyak motor ataupun mobil yang berlalu lalang, akhirnya kecelakaan pun tak terelakkan. Layangan seribu rupiah bisa berakibat puluhan juta. Atau bahkan nyawa taruhannya.  Nah, awasilah terus anak mama yah... jangan sampai kejadian yang tidak diingikan menimpa buah hati anda.
SEO Reports for blogmamaqiral.blogspot.co.id

Kumpulan ArtikelWarningWarningkumpulan artikel merupakan artikel terkait lainnya yang ada hubungannya dengan Label dari artikel tertentu

Kreatifitas


Judul: Permainan ini sangat mengasyikkan tapi harus dengan pengawasan
Ditulis oleh Sri Paryati
Rating Blog 5 dari 5
DENGAN ADANYA ARTIKEL DIATAS SEMOGA BISA MEMBERI SEBUAH GAMBARAN ATAU PEMIKIRAN YANG LAIN, APABILA ANDA MENYUKAI MOHON UNTUK DICANTUMKAN LINK Dibawah ini

SUMBERNYA:
http://blogmamaqiral.blogspot.com/2014/05/permainan-ini-sangat-mengasyikkan-tapi.html
"Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini"

Peringatan KhususWarningWarning("Mohon maaf desain web/blog bukan untuk seluler atau mobile").

7 comments:

Liza Nova said...

hai.. kunjungan balas ke sini!

di malaysia kami panggil layang2...
seharusnya main di padang permainan ini..
supaya lebih selamat kan!

http://novaleeza.blogspot.com

Sri Paryati said...

@Liza Nova iya alangkah baiknya bermain di lapangan nan luas..thx telah singgah disini

KOPERASII LESTARI said...

bicara masalah layangan, saya jd ingat waktu masih kecil dulu. di saat layangannya putus, saya menangis sejadi jadinya. :D masa kecil yang indah, yang tidak mungkin terulang lagi. kunjungan perdana mbak, salam kenal.. :)

Sri Paryati said...

@KOPERASII LESTARI masa kanak-kanak memang masa terindah, salam kenal juga...terima kasih atas kunjungan dan komentarnya

Muh Hendrik said...

Jadi teringat dulu waktu masih kecil, sering main layang-layang Mas, mengejar layangan yang putus sampai nyebur ke bengawan solo segala. Maklum, dulu main layang-layangnya dipinggir bengawan :)

Sri Paryati said...

@Muh Hendrik saya juga tinggal di dekat bengawan solo mas....

familyinsurance-cancer said...

visit back
from http://familyinsurance-cancer.blogspot.com/

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar dengan sopan di blog saya Bimbingan Belajar Anak | Permainan ini sangat mengasyikkan tapi harus dengan pengawasan | ,semoga dengan budaya berkomentar akan lebih membangun perkembangan dari blog saya Bimbingan Belajar Anak dan apabila ada artikel yang salah ataupun kurang kedepannya akan diperbaiki lagi, ataupun bisa anda tambahkan melalui komentar dibawah ini .


photo of Sri
Sri Paryati @mbak siphe | Google
Bimbingan Belajar Anak

Arsip blog

  • Artikel Blog Ini di RSS feed | With feeds feedburner Blog In here !!!
  • Pengikut / Ikuti perkembangan Blog | Follower and Sign in with Google friends
  • Kumpulan Artikel Berita Indonesia | Collection of Indonesian News Articles
  • Buku tamu dan kunjungan blog | Visit and Blogwalking in here
  • Perkembangan Anak Usia Dini | Early childhood development
  • | Contact Email | Disclaimer | TOS/T$C | Prifacy Policy | Copyright of 2016 | Bimbingan Belajar Anak | My Ping in TotalPing.com |