Bahaya Memaksa Anak Untuk Belajar

ditulis oleh : Sri Paryati Thursday, 5 February 2015 3 comments
Minat baca sudah mulai tumbuh
Memiliki anak yang pintar dan berprestasi merupakan harapan bagi setiap orangtua.  Untuk mewujudkan hal tersebut tidak sedikit orangtua yang memaksa anaknya dalam belajar.  Lalu, apa dampak memaksa anak belajar? Dan apa yang harus dilakukan orangtua agar anak menjadi gemar membaca dan rajin belajar. 

Belajar merupakan kegiatan positif, namun bisa menjadi negatif ketika anak usia dini menjadi sasaran keterpaksaan dalam belajar.  Jika anak dipaksa belajar, maka lama kelamaan justru mereka akan membenci belajar.

Anak yang tidak suka belajar juga akan berdampak pada orangtua.  Dalam jangka pendek,  orangtua akan stres karena memikirkan kemampuan sang anak. Sedangkan dampak jangka panjangnya adalah, anak akan melawan ketika dia dewasa nantinya karena pada saat dia kecil sering dipaksa belajar. Maka dari itu, menumbuhkan minat belajar sangat penting, sebab tidaklah mungkin anak mau belajar jika tidak memiliki minat belajar.

Ada beberapa hal yang bisa diterapkan dalam mendidik anak agar cinta belajar, yaitu :
1. Kondisi belajar harus menyenangkan. 
2. Dalam belajar tidak bisa instan. Semuanya harus melalui proses dan tahapan tahapan.
3. Setiap anak memiliki keinginan dan kemauan yang tidak sama dalam belajar maka dari itu cobalah untuk memahaminya. 

Ketiga hak tersebut jika diterapkan maka akan membuat anak memiliki karakter minat belajar. Yang pada akhirnya, anakpun tidak akan menyulitkan orangtuanya.  

Suka belajar, suka memperbaiki diri, dan pandai mendengar nasehat orangtua adalah pembelajaran mandiri.

Semoga bermanfaat....
SEO Reports for blogmamaqiral.blogspot.co.id

Kumpulan ArtikelWarningWarningkumpulan artikel merupakan artikel terkait lainnya yang ada hubungannya dengan Label dari artikel tertentu

Tumbuh kembang anak


Judul: Bahaya Memaksa Anak Untuk Belajar
Ditulis oleh Sri Paryati
Rating Blog 5 dari 5
DENGAN ADANYA ARTIKEL DIATAS SEMOGA BISA MEMBERI SEBUAH GAMBARAN ATAU PEMIKIRAN YANG LAIN, APABILA ANDA MENYUKAI MOHON UNTUK DICANTUMKAN LINK Dibawah ini

SUMBERNYA:
http://blogmamaqiral.blogspot.com/2015/02/bahaya-memaksa-anak-untuk-belajar.html
"Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini"

Peringatan KhususWarningWarning("Mohon maaf desain web/blog bukan untuk seluler atau mobile").

3 comments:

Uda Awak said...

Setuju, mbak. Tidak masanya lagi maksa anak belajar. Justru motivasi yang dibutuhkan anak agar mereka mau belajar...Nice share...

Fifi Surabaya said...

Anak mempunyai hati yang lembut jadi kita harus memperlakukannya dengan kelembutan, kita harus bisa mengambil hatinya agar apa yang kita ajarkan bisa diterma oleh sang anak!

Komentar balik ya >> http://fifisurabaya.blogspot.com/2014/12/3-cara-mengembalikan-kesuburan-rambut.html

Sri Paryati said...

@uda: semakin dipaksa semua apa yang di ajarkan akan semakin tidak diserap oleh anak
@Fifi betul sekali mbah...siap meluncur ke tkp

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar dengan sopan di blog saya Bimbingan Belajar Anak | Bahaya Memaksa Anak Untuk Belajar | ,semoga dengan budaya berkomentar akan lebih membangun perkembangan dari blog saya Bimbingan Belajar Anak dan apabila ada artikel yang salah ataupun kurang kedepannya akan diperbaiki lagi, ataupun bisa anda tambahkan melalui komentar dibawah ini .


photo of Sri
Sri Paryati @mbak siphe | Google
Bimbingan Belajar Anak
| Contact Email | Disclaimer | TOS/T$C | Prifacy Policy | Copyright of 2016 | Bimbingan Belajar Anak | My Ping in TotalPing.com |