Selain aturan umum di atas yang berlaku bagi semua Consultant
Oriflame, aturan-aturan di bawah ini berlaku secara spesifik bagi
Director dan level yang lebih tinggi diatasnya. Pelanggaran atas suatu
aturan khusus ini akan mengakibatkan hilangnya status Director (dan
level yang lebih tinggi diatasnya) dan suatu hak istimewa yang
mendasari hak istimewa tersebut, termasuk remunerasi terkait, dan
bahkan dapat mengakibatkan berakhirnya keanggotaan.
6.1 Sebagai seorang Director (dan level yang lebih tinggi diatasnya)
Anda harus melayani Consultant Grup Pribadi Anda selama suatu
Periode Katalog dengan:
a) Merekrut dan terus-menerus mengembangkan Grup Pribadi
Anda.
b) Membantu, membimbing dan memotivasi anggota Grup
Pribadi.
c) Melaksanakan rapat berkala untuk melatih, memotivasi,
menetapkan tujuan dan tindak lanjut.
d) Melatih downline Consultant Oriflame Anda untuk secara
terbaik melaksanakan bisnis Oriflame mereka. e) Memelihara komunikasi sesering kali, menginformasikan
tentang tanggal, tempat rapat, berita produk, sesi pelatihan, dan
informasi terkait lainnya.
f) Berpartisipasi dalam semua seminar dan rapat yang
diorganisir oleh Oriflame.
g) Memberlakukan Kode dan Aturan dan memimpin dengan
memberi contoh.
h) Menghadiri rapat-rapat bisnis dengan Oriflame yang mana
Anda dipanggil untuk menghadirinya oleh Area Sales Manager
Anda.
6.2 Seorang Director (dan level yang lebih tinggi diatasnya) tidak
dapat mewakili suatu perusahaan penjualan langsung lainnya
(dan/atau seorang anggota dari perusahaan tersebut)..
6.3 Jika isteri atau suami seorang Director (dan level yang lebih
tinggi diatasnya) merupakan seorang wakil dan/atau seorang anggota
suatu perusahaan penjualan langsung, maka isteri atau suami tersebut
tidak diperbolehkan untuk berpartisipasi dalam suatu rapat atau event
Oriflame, dan kegiatan isteri atau suami tersebut harus terpisah dari
Oriflame. Director (dan level yang lebih tinggi diatasnya) harus
menginformasikan Oriflame jika isteri atau suami tersebut adalah wakil
dan/atau anggota perusahaan penjualan langsung lainnya. 6.4 Dalam hal seorang Director (dan level yang lebih tinggi
diatasnya) meninggal, maka Keanggotaan dapat, dalam hal-hal
tertentu dan atas kebijaksanaan tunggal Oriflame, diwarisi oleh
keluarga terdekat almarhum, dengan ketentuan bahwa keluarga
terdekat tersebut dapat membuatnya masuk akal bahwa ia akan dapat
memenuhi semua persyaratan seorang Director (dan level yang lebih
tinggi diatasnya) sebagaimana yang dinyatakan dalam bagian 6.1 di
atas. Klaim tertulis untuk Keanggotaan harus dilakukan dalam kurun
waktu paling lama 3 bulan sejak tanggal kematian tersebut. Dalam hal
tidak ada klaim dimaksud, maka Keanggotaan tersebut akan diakhiri.
6.5 Seorang Director (dan level yang lebih tinggi diatasnya) harus
mengikuti aturan atau petunjuk tambahan yang disampaikan secara
tertulis oleh Oriflame dari waktu ke waktu.
7. PROSEDUR PENANGANAN KELUHAN
Setiap keluhan berdasarkan pada pelanggaran Kode atau Aturan harus
disampaikan kepada organisasi penjualan Oriflame setempat dan/atau
Managing Director perusahaan Oriflame yang beroperasi di negara
yang dibicarakan. Bagian penanganan keluhan di masing-masing pasar
Oriflame dipimpin oleh Managing Director (Administrator Kode
Oriflame) perusahaan Oriflame setempat.
8. PEMBERHENTIAN KEANGGOTAAN
8.1 Oriflame dapat mencabut/memberhentikan dengan segera
keanggotaan seorang Consultant Oriflame dengan pemberitahuan
tertulis, bila Consultant terbukti memberikan keterangan palsu pada
aplikasi Consultant Oriflame atau terlibat dalam kegiatan yang
melanggar hukum, atau melanggar Kode dan Aturan serta dan
tanggungjawab yang telah ditetapkan oleh Oriflame.
8.2 Oriflame dan Consultant Oriflame dengan tegas
mengesampingkan Pasal 1266 Kitab Undang-undang Hukum Perdata
Indonesia dalam hal terjadinya pemutusan keanggotaan yang
berakibat berakhirnya keanggotan seorang Consultant Oriflame.
9.Domisili
Oriflame dan Consultant Oriflame setuju untuk memilih Jakarta
sebagai domisili hukum dalam menyelesaikan segala tuntutan atau
persengketaan sehubungan dengan perjanjian ini
LAMPIRAN I – Kebijakan Website Consultant
1. Latar Belakang
Kebijakan ini digunakan untuk menjelaskan bagaimana Consultant
Oriflame dapat menentukan keberadaan mereka di Internet tanpa
mengganggu brand building atas merek Oriflame atau pelanggaran
terhadap hukum, peraturan dan perjanjian yang berkaitan dengan hak
cipta, merek, dan atas hak atas kekayaan intelektual lainnya yang
dimiliki oleh Oriflame.
2. Umum
Oriflame memberikan kesempatan kepada Consultantnya untuk
membuat Homepages Pribadi Consultant dan juga berbagai peralatan
lain yang disediakan secara terpusat untuk menjual dan
mempromosikan produk-produk Oriflame dan kesempatan usaha di
Internet. Aplikasi ini saat ini merupakan satu-satunya alat digital yang
sudah disetujui untuk digunakan, dimana Consultant dapat
menawarkan produk-produk untuk dijual dan juga menampilkan
gambar-gambar dan tipe logo yang mana Oriflame sebagai Pemilik
haknya.
Consultant juga diperbolehkan untuk melakukan hosting pada website
dimana mereka dapat berkomunikasi disekitar Oriflame, produkproduknya
dan kesempatan selama secara jelas dinyatakan bahwa
situs tersebut bukanlah situs resmi Oriflame. Setiap situs harus
diselenggarakan dengan transparan, dengan cara mencantumkan data
mengenai pemilik dan pengelola situs, serta rincian kontak yang
berkaitan. Consultant harus berkomunikasi dengan kata-katanya
sendiri dan hanya dapat mengutip teks Oriflame dengan merujuk
secara jelas kepada sumbernya.
Seorang Consultant tidak boleh membuat situs e-commerce dimana
produk Oriflame dijual atau dengan cara lainnya melakukan ecommerce
diluar aplikasi Oriflame yang sudah disetujui.
3. Nama Domain
Consultant tidak boleh mendaftarkan nama-nama domain yang
berisikan kata “oriflame”. Consultant tidak boleh mendaftarkan
halaman media sosial dengan nama dan gambar yang dapat
menyesatkan konsumen untuk meyakini bahwa halaman itu adalah
halaman milik grup Oriflame yang resmi:
- Nama dan grup media sosial (misalnya Facebook, Twitter,
VKontakte) harus secara jelas menyatakan bahwa nama grup itu
dioperasikan oleh perseorangan, misalnya “Tim Oriflame Anna”
dengan gambar Anna sendiri.
- Halaman media sosial, nama grup tidak boleh disebut misalnya
“Oriflame Casablanca” dengan gambar resmi Oriflame misalnya
logo Oriflame atau gambar Oriflame.
4. Disclaimer
Consultant yang menghosting website mereka sendiri dan
menyebutkan bahwa mereka adalah bagian Oriflame harus
memastikan telah secara jelas mempublikasikan informasi bahwa
mereka adalah
a) Independent Sales Consultant for Oriflame,
b)
Independent Oriflame Consultant, atau
c) Independent Oriflame
Beauty Consultant (haruslah diverifikasi secara setempat bahwa
istilah-istilah itu sama dengan istilah yang ada pada Succsess Plan
Leaders Edition). Informasi ini harus dipublikasikan secara jelas pada
halaman awal dan juga menurut disclaimer yang dapat dilihat pada
seluruh halaman website itu. Informasi nama dan kontak harus
tersedia pada seluruh halaman website atau didalam informasi akun
untuk sebuah halaman media sosial.
Apabila seorang Consultant mempunyai website pribadi tanpa adanya
afiliasi Oriflame, maka tentu saja kebijakan ini akan batal.
5. Isi dan Rujukan untuk Oriflame
Isi situs pribadi Konsultasn Oriflame tidak boleh disalin dari situs
Oriflame yang resmi dan diumumkan dengan namanya sendiri. Apabila
seorang Consultant menghubungkan konten resmi Oriflame ke
situsnya sendiri dari domain yang dimiliki oleh Oriflame, maka hal ini
haruslah disebutkan secara jelas.
6. Gambar
Seorang Consultant tidak boleh mengambil bahan gambar, baik
gambar statis atau bergerak dari sebuah situs resmi Oriflame dan
mempublikasikannya pada situsnya sendiri. Seluruh materi gambar
dilindungi hak cipta dan Oriflame telah memperoleh hak eksklusif
untuk menggunakannya. Hak-hak ini tidak diberikan kepada
Consultant.
- Gambar bergerak, video, atau gambar lainnya: Boleh digunakan
melalui fungsi berbagi jika dan apabila tersedia. Fungsi berbagi
memberikan rujukan otomatis kepada situs sumber.
- Gambar model atau orang: Boleh digunakan melalui fungsi berbagi,
apabila tersedia. Fungsi berbagi memberikan rujukan otomatis
kepada situs sumber.
- Gambar produk-produk Oriflame: Boleh digunakan dengan atau
tanpa fungsi berbagi selama situs sumbernya disebutkan dalam
satu cara yang dapat dilihat dan tidak menimbulkan keraguan
(misalnya dengan mencantumkan sumber www.oriflame.com
2012).
Tuntutan apapun yang timbul dari pihak ketiga yang dapat ditujukan
ke Oriflame akan dialihkan kepada Consultant.
7. Logo Oriflame
Logo Oriflame boleh digunakan dalam format-format yang dapat
ditemukan pada website resmi Oriflame. Logo itu tidak boleh diubah
dan/atau dianimasikan dan hanya dapat digunakan sebagai header
atau footer halaman, dan juga dalam tanda tangan email dalam format
aslinya.
8. Berbagi Media Sosial
Oriflame mendorong keberadaan akan blogs, situs jaringan sosial dan
sejenisnya. Consultant didorong untuk membuat blog dan
meninggalkan komentar mengenai produk Oriflame dimana mereka
menganggapnya tepat, dengan tetap mematuhi Kode bagian 1.3 diatas
mengenai klaim produk. Sejauh mungkin kami merekomendasikan
bahwa Consultant menggunakan fungsi berbagi yang diberikan oleh
Oriflame untuk menjamin tampilan dan informasi sumber yang tepat.
9. Pemasaran Mesin Pencari
Consultant boleh menggunakan mesin pencari seperti Google Adwords,
apabila peraturan-peraturan dari Oriflame yang menyangkut
keberadaan pada media online sudah dipatuhi. Selain itu, Consultant
harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:
- Ad (iklan) harus secara jelas menyatakan bahwa ad (iklan) dibuat
oleh seorang Consultant Independen;
- Judul tidak boleh memberikan kesan bahwa heading itu adalah
heading resmi atau bagaimanapun sudah disahkan oleh Oriflame;
dan
- Dilarang menggunakan kata “Oriflame” sebagai kata kunci.
Harap dipertimbangkan bahwa masing-masing pembeli yang berasal
dari mesin pencari, misalnya Google Adwords akan bertanggung jawab
sendiri atas setiap pelanggaran terhadap pemilik Merek lain.
LAMPIRAN II – Dialog Media Sosial – 10 Aturan Emas.
1. Dengarkan terlebih dahulu, dan selalu – Mendengarkan
percakapan yang sedang berlangsung. Siapa kontributor yang paling
berpengaruh? Bagaimana pembicaraan berubah dari waktu ke waktu,
apabila berubah sama sekali? Setelah anda mengerti tentang
pembicaraan tersebut maka Anda dapat menambahkannya (jika
relevan).
2. Kontribusi – Pastikan bahwa Anda menambah nilai pada
percakapan itu. Contohnya, memberikan informasi/pandangan yang
bermanfaat mengenai produk-produk/jasa Oriflame. Pastikan bahwa
tambahan informasi yang muncul diberikan pada forum yang
berkaitan, apabila tidak nilainya akan berkurang, atau dalam keadaan
paling buruk dapat dianggap sebagai spam.
3. Tanggapan – Jika Anda sedang mendengarkan percakapan, Anda
akan dapat mengenali apabila ada rujukan mengenai Oriflame. Setelah
mengetahui percakapan itu, sekarang Anda mempunyai kesempatan
untuk berkontribusi. Apabila Anda telah mendengarkan dengan serius
dan ingin membagi sesuatu yang positif, keikutsertaan Anda akan
diterima.
4. Bersikap transparan – Katakan yang sebenarnya. Kejujuran
Anda, atau ketidak jujuran Anda, akan dicatat secara online dengan
cepat. Ungkapkanlah selalu nama Anda yang sebenarnya dan bahwa
Anda seorang Consultant Penjualan Independen Oriflame. Jelaskan
mengenai peran Anda.
5. Bersikap tenang dan berhati-hati, akurat dan nyata –
Ungkapkan identitas Anda. Jadilah diri Anda sendiri.
6. Hargailah orang lain – Ingatlah bahwa Oriflame adalah sebuah
perusahaan yang mendunia yang karyawan, Consultant penjualan dan
pelanggannya mencerminkan berbagai budaya, nilai, dan cara
pandang. Jadilah diri anda sendiri, jangan terlalu memberi hormat
(rasisme, jenis kelamin, kekerasan, bahasa yang bersifat memfitnah,
dan lain-lain). Hal ini mencakup tidak hanya pertimbangan yang nyata
tapi juga yang tepat mengenai privasi dan topik-topik yang mungkin
tidak dapat disetujui atau yang bersifat menghasut, seperti politik dan
agama.
7. Jangan mengungkapkan informasi kepemilikan atau
informasi rahasia – Oriflame senang kepada Anda untuk
membicarakan mengenai kegiatan Oriflame Anda dan melakukan
dialog kepada masyarakat dan pelanggan. Namun untuk
mempublikasikan informasi yang umum yang sudah tersedia pada
situs Oriflame, pastikan Anda menyebutkan sumbernya (misalnya:
“sumber: www.oriflame.com 2012”). Dilarang untuk mempublikasikan
bahan-bahan dan informasi yang mempunyai hak cipta yang sifatnya
rahasia atau belum tersedia untuk masyarakat seperti peluncuran
dimasa yang akan datang dan informasi mengenai kampanye.
8. Hindari argumentasi – Jika Anda menemukan pernyataan yang
salah yang dibuat mengenai Oriflame dalam saluran media sosial,
tentu saja Anda bisa tidak setuju. Namun, selalulah lakukan hal
tersebut dengan sikap yang sangat menghargai dan berdasarkan
fakta.
9. Akui dan perbaiki kesalahan – Apabila Anda membuat
kesalahan, bersikap jujurlah atas kesalahan Anda dan perbaikilah
dengan cepat.
10. Jangan lupa mengenai tanggung jawab utama Anda – Anda
harus memastikan bahwa blogging, micro-blogging, jaringan sosial,
dan media lainnya tidak mengganggu semua tujuan dan komitmen
Anda kepada para pelanggan.
|