Rahasia Tamiya Jadi Kencang dan Stabil

ditulis oleh : Sri Paryati Friday, 29 August 2014 5 comments
Cara Merakit Tamiya 
Masih bingung dan bertanya-tanya kenapa mobil Tamiya saya tidak bisa kencang, sudah bertanya ke teman-teman penghobi tamiya tapi jawabannya masih belum dapat dan terlihat ngambang mungkin karena rahasia kali ya....takut rahasia nya terbongkar. Yang namanya ilmu kalau saling berbagi pasti terasa menyenangkan bukan?  

Dengan berbagi kita bisa saling menutupi kekurangan dari diri masing-masing, saling sama-sama belajar untuk mengembangkan pengetahuan jadi lebih luas, mungkin sudah banyak modal yang dikeluarkan tapi hasil akhir masih kurang memuaskan.  Terasa iri kalau kecepatan Tamiya dari teman sebelah lebih kencang dari pada kita padahal kualitas spare part yang kita pakai lebih bagus dan lebih mahal dibanding teman tapi hasilnya Tamiya kita masih belum kencang juga, mulai berfikir dengan cara apa lagi untuk membuat tamiya jadi lebih kencang.  Contonya muncul berbagai macam pertanyaan yang intinya semua sama misal :


-Jawab B : Yang utama membuat tamiya jadi kencang adalah Kecepatan dan Kesetabilan dari Tamiya itu sendiri, untuk Kecepatan dipengaruhi oleh beberapa hal yang mendukung contohnya: bearing, dinamo, kawat lilitan, ban, as, gearbox, roller, lena, kepala angkur yang sudah dibubut, balancing angkur.  Sedangkan untuk Kesetabilan dipengaruhi oleh chasis utama, stick atau bamper usahakan memakai yang berbahan kuat contohnya kevlar, ekor lentur roller bearing dan pemberat.

-Pertanyaan A :  Kawat Lilitan yang digunakan besar atau kecil terus berukuran berapa, apakah memakai kawat lilitan berdiameter 0.3mm,0.4mm, 0.5mm, 0.6mm, 0.7mm, 0.8mm, 0.9mm, 1mm atau 1,2mm?

-Jawab B :  Untuk pemakaian macam-macam kawat lilitan bisa menyesuaikan dengan ukuran dari angkurnya, jika angkur yang dipakai kecil maka kawat lilitan juga memakai yang berdiameter kecil dan apabila angkur yang dipakai lebih besar maka kawat lilitan yang dipakai juga menyesuaikan besarnya karena apabila bisa memperkecil rongga udara pada angkur maka efek panas yang ditimbulkan akan menjadi sangat kecil, contohnya jika memakai kawat lilitan kecil maka amper yang dipakai sangat kecil dan pemakaian batrei menjadi lebih awet berbeda jika kawat lilitan yang dipakai berdiameter besar maka amper yang ditimbulkan jadi lebih besar dan pemakaian batrei jadi lebih boros.

Domain PR 8 dan PR 9
http://www.addtoany.com9
http://www.treasury.gov8
http://www.etracker.de8
http://www.gov.mb.ca8
http://www.hud.gov

-Pertanyaan A :  Model Gulungan atau Lilitan Bagaimana Memakai Gulungan Double Atau Gulungan Singgle?

-Jawab B :  Cara Menggulung Dinamo Model Pyramid tidak berpengaruh ketika menggulung Kawat Lilitan keangkur yang jelas bisa rapi dan meminimalkan rongga udara saja sudah lebih dari cukup jika memakai Gulungan double usahakan panjang lilitannya sama panjang karena jika panjang berbeda maka akan terjadi arus acak dan energi yang dialirkan tidak stabil. 

-Pertanyaan A :  Memakai batrei yang berukuran berapa?

-Jawab B :  Mengenai batrei harus disesuaikan dengan ukuran kawat lilitannya karena akan mempengaruhi amper yang dibutuhkan jika kawat lilitan yang digunakan kecil maka batrei bisa menggunakan kisaran Sanyo 700MAh sampai 1000MAh sudah lebih dari cukup sedangkan untuk kawat lilitan yang berdiameter besar karena amper yang digunakan sangat besar maka pemakaian batrei juga harus didukung dengan tenaga yang sebanding misalnya Sanyo Envelope 2000MAh, 2500MAh keatas atau bisa menggunakan batrei selain merk Sanyo bisa juga, yang penting ukurannya lebih besar.

-Pertanyaan A :  Menggunakan magnet yang berukuran berapa?

-Jawab B :  Penggunaan magnet juga berpengaruh terhadap pemakaian kawat lilitan yang dipakai misal saat memakai Kawat Lilitan yang berdiameter besar tapi magnet memakai yang standart maka efeknya akan berpengaruh terhadap putaran angker yang tidak stabil karena kekuatan magnet tidak bisa mensetabilkan dari goncangan yang ditimbulkan dari angker tersebut, berbeda jika magnet yang dipakai adalah magnet strong jenis JY KOPSU atau AULDEY yang memiliki tebal 2,6 dan panjang 13mm, dengan kekuatan sama-sama yang ditimbulkan dari angker dan magnet strong tersebut maka kesetabilan yang lebih dan power yang diinginkan bisa sangat maksimal. 

-Pertanyaan A :  Berapa ukuran roller yang dipakai untuk depan dan belakang?

-Jawab B :  Pemakaina Roller harus memakai dasar bearing karena momen putar yang ditimbulkan oleh bearing lebih stabil dari pada yang lainnya, jangan terlalu over size saat memilih roller yang dipakai sesuaikan dengan stik atau akar yang dipakai jika pemakaian roller terlalu besar efek yang ditimbulkan akan kesulitan ketika melewati rintangan jumping, tikungan, tanjakan, zigzag, spiral maupun rintangan halilintar serta patahan.  

-Pertanyaan A : Pemasangan tiang yang dianjurkan bagaimana posisinya?

-Jawab B :  Mengenai kualitas Mobil Tamiya yang memakai tiang usahakan memakai  NAchi karena dilihat dari bahannya yang semi baja dijamin tahan terhadap bantingan maupun goncangan, bagian dapan mobil tamiya yang ber stik atau yang ber antena diharuskan dan diwajibkan miring secukupnya mengenai fungsi kemiringan ini untuk mensetabilkan mobil saat berada di tikungan tajam atau zigzag agar mobil tidak terpental keluar track.

-Pertanyaan A : Pemilihan Chasis yang Dipakai Bagaimana?

-Jawab B : Banyak pilihan chasis yang dipakai biasanya memakai chasis jenis Super One, Zero dan TZ.  Untuk jenis TZ kualitas chasisnya memang lebih kuat dan lebih tebal dibanding yang lainnya.

Mungkin kalau dijelaskan bisa panjang kali lebar,  memang hobi tidak bisa dipisahkan dari kesenangan juga tidak bisa diutarakan dengan kata-kata yang mana usia pun tidak menjadi kendala tua muda bercampur jadi satu.  Semoga biasa membantu....
SEO Reports for blogmamaqiral.blogspot.co.id

Kumpulan ArtikelWarningWarningkumpulan artikel merupakan artikel terkait lainnya yang ada hubungannya dengan Label dari artikel tertentu

Hobi


Judul: Rahasia Tamiya Jadi Kencang dan Stabil
Ditulis oleh Sri Paryati
Rating Blog 5 dari 5
DENGAN ADANYA ARTIKEL DIATAS SEMOGA BISA MEMBERI SEBUAH GAMBARAN ATAU PEMIKIRAN YANG LAIN, APABILA ANDA MENYUKAI MOHON UNTUK DICANTUMKAN LINK Dibawah ini

SUMBERNYA:
http://blogmamaqiral.blogspot.com/2014/08/rahasia-tamiya-jadi-kencang-dan-stabil.html
"Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini"

Peringatan KhususWarningWarning("Mohon maaf desain web/blog bukan untuk seluler atau mobile").

5 comments:

dr. Tubagus said...

Ya Allah, mbak, baca artikel anda...jadi teringat waktu kecil. Saya tidak punya Tamiya, hanya melihat teman-teman sebaya bermain otak-atik mainan ini. Mereka mendesain sedemikian hingga kecepatan menjadi maksimal, bak team engineering dari tim formula.

Sri Paryati said...

@dr. Tubagus hasil akhir dari bermain tamiya adalah menjadi pemenang atau juara dengan ketelatenan saat utak atik itulah yang akhirnya membuahkan hasil dimana bisa mencari settingan yang diharapkan dalam melewati rintangan track ber halang rintang, terima kasih telah berkomentar..

Guat House Semarang said...

baca artikel ini jadi pengen oprek tamiya lagi
sekarang uang saku udah lumayan, bisa beli part yang dulu waktu kecil ga bisa kebeli
hehe
makasih infonya

Widi Septian said...

Terimakasih banyak atas informasinya gan. Sangat bermanfaat sekali.
tambah lagi informasinyah.

visit : http://www.rajalistrik.com/

tubagus hendra kusumah said...

Terima kasih infonya sangat banyak membantu, dulu saya senang maen tamiya sampe sekarang kebetulan anak saya 2 laki laki yang juga hobby utak atik maenannya. kalo saya ada pertanyaan seputar tamiya boleh ya saya tanyakan

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar dengan sopan di blog saya Bimbingan Belajar Anak | Rahasia Tamiya Jadi Kencang dan Stabil | ,semoga dengan budaya berkomentar akan lebih membangun perkembangan dari blog saya Bimbingan Belajar Anak dan apabila ada artikel yang salah ataupun kurang kedepannya akan diperbaiki lagi, ataupun bisa anda tambahkan melalui komentar dibawah ini .


photo of Sri
Sri Paryati @mbak siphe | Google
Bimbingan Belajar Anak

Arsip blog

  • Artikel Blog Ini di RSS feed | With feeds feedburner Blog In here !!!
  • Pengikut / Ikuti perkembangan Blog | Follower and Sign in with Google friends
  • Kumpulan Artikel Berita Indonesia | Collection of Indonesian News Articles
  • Buku tamu dan kunjungan blog | Visit and Blogwalking in here
  • Perkembangan Anak Usia Dini | Early childhood development
  • | Contact Email | Disclaimer | TOS/T$C | Prifacy Policy | Copyright of 2016 | Bimbingan Belajar Anak | My Ping in TotalPing.com |